Minggu, 13 Februari 2011

Balasan sesuai perbuatan


Pada suatu hari ada seorang lelaki sedang duduk makan bersama dengan istrinya dengan lauk pauk yang membuat lidah berliur, yaitu ayam panggang. Tiba tiba pintu rumahnya diketuk orang dan ada suara merengek rengek, “tolonglah tuan, aku seorang pengembara yang tidak punya”
Namun tuan rumah itu berbuat kesalahan. Dia menemui pengemis itu dengan marah dan mengusir serta mencacinya tanpa perasaan. Dengan wajah murung dan sedih, pengemis malang itu pergi meninggalkan rumah.
Beberapa hari kemudian, lelaki tuan rumah jatuh miskin dan melarat mendadak. Semua kemewahan dan kenikmatan yang dimilikinya sirna tanpa tersisa sama sekali. Karena tidak tahan dengan keadaan yang berat itu, ia berkelana keseantero negri dan hidup dengan menggantungkan diri kepada belas kasih orang lain. Dia telah menceraikan istrinya sebelum pengembaraan ini, kemudian istrinya menikah lagi dengan orang lain didaerah lain.
Dalam sebuah kesempatan, bekas istrinya dan suami barunya sedang makan dirumah mereka dengan lauk yang menggoyang lidah, yaitu ayam panggang dan beberapa potong roti. Ketika mereka sedang makan itu, tiba tiba pintu rumah mereka diketuk orang dan ada suara yang memanggil, “tolonglah tuan, aku seorang pengembara yang papa”. Karena sang suami baik hati, dia berkata kepada istrinya, “berikan ayam panggang dan dua potong roti ini kepada pengemis di depan pintu kita”.
Pada saat keluar, si istri itu memperhatikan pengemis yang berada di depan pintu rumahnya. Setelah ia mengamati dengan seksama, ternyata pengemis itu adalah bekas suaminya dulu. Begitu si pengemis pergi setelah menerima ayam dan roti, si istri masuk untuk kembali meneruskan makannya bersama suaminya yang kemudian menanyakan tentang pengemis itu. Dia lalu memberitahu suaminya, bahwa pengemis tadi adalah bekas suaminya dulu dan mengisahkan bagaimana dia mengusir seorang pengemis. Setelah berdiam beberapa saat, suaminya yang sekarang berkata, “Demi Allah, akulah pengemis yang kalian usir dahulu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar